Pantai Pangandaran merupakan sebuah objek wisata andalan Kabupaten Pangandaran (pemekaran dari Kabupaten Ciamis) yang terletak di sebelah tenggara Jawa Barat, tepatnya di Desa Pangandaran, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat.

Pantai ini dinobatkan sebagai pantai terbaik di Pulau Jawa.

Objek Wisata Pantai Pangandaran Memiliki 3 objek pantai primadona di saat libur panjang dan akhir pekan yaitu pantai barat , pantai timur serta pasir putih. Dari ketiga pantai tersebut salah satunya yang sering di gunakan untuk event event bertaraf nasional ataupun internasional adalah pantai timur pangandaran.

Yang terbarunya di tahun 2016 adalah festival layang layang bertaraf internasional, serta di salah satu pantainya juga yang di jadikan tempat di ledakannya kapal pencari ikan ilegal asal Filipina yang dikomandoi oleh menteri kelautan dan perikanan RI ibu Susi Pudjiastuti dan sebagai monumen kapal tersebut di tempatkan di dekat pasir putih Pangandaran. Bersamaan dengan itu maka objek wisata di pantai Pangandaran pun makin bertambah.