Listing

Seren Taun Cigugur 2019

Gratis

Deskripsi Event

Upacara Seren Taun adalah ungkapan syukur dan doa masyarakat sunda atas suka duka yang mereka alami terutama di bidang pertanian selama setahun yang telah berlalu dan tahun yang akan datang. Dengan kata lain kegiatan ini merupakan hubungan antara manusia dengan Tuhan, dan juga dengan sesama mahluk atau alam baik lewat kegiatan kesenian, pendidikan, dan sosial budaya.Dalam upacara Seren Taun yang menjadi objek utama adalah PADI. Padi dianggap sebagai lambang kemakmuran karena daerah Cigugur khususnya dan daerah sunda lain pada umumnya merupakan daerah pertanian yang berbagai kisah klasik satra Sunda.

Ada berbagai kegiatan yang akan dilakukan dari tanggal 19 Agustus s.d 22 Agustus 2019 dari berbagai jenis ritual dan pentas kesenian dengan puncak acara yang berlangsung tanggal 22 Agustus yang diisi oleh Tari Jamparing Apsari, Tari Puragabaya Gebang, Angklung Kanekes, Angklung Buncis, Tari Buyung, Kamonesan, Prosesi Ngajayak, Wayang Golek dan Penumbukan Padi.

instagram : @serentauncigugur

Belum ada produk di event ini.

Hubungi kami untuk menambah data Tambah produk

Tidak ada hotel terdekat.

Berita Event

  • Tradisi Bersyukur dengan Seren Taun di Kabupaten Kuningan

    Tradisi Bersyukur dengan Seren Taun di Kabupaten Kuningan

    1 Agustus 2019

    Beragam budaya di Jawa Barat memiliki sejarahnya masing-masing sesuai daerah sehingga tradisi khas tiap daerah pun terbentuk. Salah satunya adalah Kabupaten Kuningan. Seren Taun selalu diadakan di tiap taun di beberapa desa di Kabupaten Kuningan, khususnya di penduduk Desa Cigugur.