Satu dekade sudah Pondok Pesantren Al Mizan mengadakan festival musik berlangsung dan kian meriah serta menarik wisatawan. Berawal hanya dari tradisi musik Ki Buyut untuk berdakwah, tahun 2018 lalu menjadi pertama kalinya diadakan festival musik yang bertaraf internasional.

Sebagai salah satu kabupaten di Jawa Barat yang memiliki bandar udara internasional, yaitu Bandar Udara Kertajati, tentunya Pemerintahan Kabupaten Majalengka memerlukan alasan untuk mendatangkan para wisatawan ke wilayahnya. Dukungan Kemenpar akan memasukkan wisata religi bertaraf internasional di Kabupaten Majalengka ke 100 Wonderful Events sangat membantu promosi Kabupaten Majalengka sebagai satu-satunya wilayah di Jawa Barat yang memiliki wisata religi berbalut musik festival.

Adapun Mizan Al Sufi diisi dengan berbagai pertunjukan seperti Istighosah, Tausiah, Muhasabah Kebangsaan, Dzikir Budaya dan Kebangsaan yang disajikan bersama Wayang Sugi, serta pertunjukan menarik lainnya. Penonton benar-benar disajikan pertunjukan religi yang tidak membosankan karena penuh dengan ekspresi seni serta lintas iman yang memperkaya reekspresi religius dari berbagai tradisi.

Sebelum atau sesudah pertunjukan Mizan Al Sufi, para pendatang bisa mendatangi berbagai destinasi wisata di Kabupaten Majalengka seperti Terasering Panyaweuyan Argapura, Kampung Air Majalengka, Kebun Teh Cipasung, Goa Lalay, Curug Muara Jaya, Situ Sangiang, Makam Sunan Parung, dan destinasi wisata lainnya. Serta untuk kuliner khas Kabupaten Majalengka banyak yang bisa dicicipi beberapa contohnya seperti Surabi Oncom, Tutut, Nasi Lengko, dan Pepes Jeroan.

Yuk mulai lebih mengekspresikan religius Islami dengan hadir di Mizan Al Sufi di tiap tahunnya dan lebih mengenal Kabupaten Majalengka melalui destinasi wisata dan kulinernya.