Sebanyak 262 acara dalam West Java Calendar of Events 2019 diluncurkan hari ini, 15 Juli 2019, oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat juga Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Adapun detil dari acara adalah 85 acara bertema kebudayaan, 83 acara bertema kuliner, 24 acara bertema olahraga, 6 acara bertema religius, 113 acara bertema seni dan budaya, serta 11 acara bertema pariwisata. Total acara pada awalnya berjumlah 465 lalu dikurasi oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat sehingga menjadi 262 acara.

Dari sejumlah acara tersebut, terdapat 6 acara yang masuk kepada 100 Indonesia Wonderful Calendar of Event seperti Asian African Carnival, Mizan Al Sufi, Pesona Budaya Garut, Ciletuh Geopark Festival, Tour de Linggarjadi, serta Festival Budaya Cirebon. West Java Calendar of Events diluncurkan pertama kalinya pada tahun 2019 dengan dasar harapan untuk meramaikan Jawa Barat dengan kepariwisataan sampai akhir tahun 2019. Ridwan Kamil pun mengungkapkan bahwa sekian acara yang akan diadakan dapat menggeliatkan perekonomian masyarakat sehingga meningkatkan kesehjahteraan masyarakat.

West Java Calendar of Events yang juga diluncurkan sebagai upaya pencapaian target kinerja pariwisata Provinsi Jawa Barat, sebagaimana diungkapkan oleh Dedi Taufik, ingin menargetkan sebanyak 3 juta wisatawan mancanegara serta 60 juta wisatawan nusantara. Dalam rencananya, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat akan terus memonitor perkembangan sarana prasarana serta peningkatan destinasi agar daya tarik bagi para wisatawan semakin baik dan mudah untuk mempromosikannya.