Tata letak Cirebon yang mendekati perbatasan antara Jawa Barat dan Jawa Tengah memiliki budaya yang beragam dari mulai adat sampai kepada kulinernya. Contohnya keraton. Keraton identik dengan budaya Jawa yang sedikit sekali kita temui di Jawa Barat. Di Jawa Barat sendiri, Cirbon lah yang memiliki keraton terbanyak. Keraton yang berarti kekuasaan (raja) inilah yang menjadi identitas kebudayaan Cirebon. Salah satu hasil dari kebudayaan yang dilahirkan di Kota Udang ini adalah Kereta Kencana Paksi Liman.

Kereta Kencana Paksi Liman adalah warisan pusaka berupa kereta yang digunakan pada masa Raja Keraton Kanoman di setiap upacara kebesaran. Adapun 3 hewan yang berada pada Kereta Kencana Paksi Liman adalah Burung Garuda, Ular Naga, dan Gajah yang masing-masing mewakili simbol beberapa budaya; Burung Garuda yang mewakili budaya Islam, Naga mewakili budaya Cina, serta Gajah yang mewakili budaya India. Untuk lebih memperkenalkan warisan pusaka ini, Cirebon membuat Festival Budaya Cirebon untuk pelestarian kebudayaan Cirebon dan menjadikan Kereta Kencana Paksi Liman sebagai tema pada festival kebudayaannya.

Acara ini dijadikan Kementrian Pariwisata sebagai salah satu dari 100 Calendar of Events di Indonesia karena kebudayaan Kota Cirebon yang unik perlu diketahui oleh oleh masyarakat luas. Pada festivalnya, masyarakat Cirebon juga mempertunjukkan kesenian khas Cirebon seperti Seni Bray, Tari Angklung Bungko, Wayang Wong, festival fashion salah satunya Batik Trusmi khas Cirebon, sampai kepada kuliner lokal. Festival Budaya Cirebon pun diagendakan dengan tujuan agar Cirebon tidak hanya menjadi wilayah transit antar provinsi saja. Tetapi para wisatawan bisa sambil menikmati berbagai kuliner khas melegenda yang tidak boleh dilewatkan seperti Empal Gentong, Mie Koclok, Tahu Gejrot, dan kuliner khas lainnya.

Buat para wisatawan, jangan khawatir. Cirebon juga memiliki destinasi wisata alam yang bisa dikunjungi seperti Gua Sunyarangi di mana dijadikan tempat pertapaan Raja Cirebon, Telaga Nilem, dan tidak lupa untuk mengunjungi salah satu keraton terkenal seperti Keraton Kasepuhan Cirebon.