Kota Cirebon dengan berbagai budayanya memiliki beragam kuliner yang khas. Mungkin dari kita sudah mengetahui cita rasa dari beberapa kuliner khas Cirebon karena di luar Kota Cirebon pun banyak yang menjual kuliner khas asli kota udang ini.

Akan tetapi kurang rasanya kalau tidak mencoba beragam makanan khas Kota Cirebon langsung di kotanya. Berikut adalah 7 kuliner khas Kota Cirebon yang wajib kamu coba!

  1. Empal Gentong

Yakin gak sih kalau misalnya rasa Empal Gentong yang dijual di kota kamu sama rasanya dengan empal gentong yang ada di Kota Cirebon? Mayoritas pecinta kuliner akan menjawab iya! Kuliner khas yang dibuat dari asal kota itu selalu becampur aduk dengan budayanya. Rasa yang ada di kota kamu mungkin hampir sama tapi kalau budayanya berbeda pasti akan kurang pas cara menikmati makanannya.

Gurihnya Empal Gentong selalu menjadikan Kota Cirebon sebagai tempat singgah sementara bagi para penikmat Empal Gentong. Daging empuk dan kuah khasnya selalu menjadi kerinduan tersendiri bagi mereka yang sudah pernah mencoba Empal Gentong asli Kota Cirebon.

  1. Mie Koclok

Pernah coba mie dengan kuah santan ini? Mungkin kalau di awal, pasti bakal mikir rasanya aneh. Mie kuah santan dengan topping pada umumnya adalah suwiran ayam, telur, dan toge ini perlu banget kamu coba kalau mampir ke Kota Cirebon!

  1. Tahu Gejrot

Buat pecinta tahu gejrot, perlu cobain Tahu Gejrot dari kota asalnya. Bisa dibilang, rasanya sama saja sama seperti pada pedagang yang lewat depan rumah kita. Tapi balik lagi, pasti kamu bakal ngerasain hal berbeda saat mencoba kuliner yang berbalut budaya asli Kota Cirebon. Bisa jadi kamu jadi tahu asal muasal dibuat dan dinamai Tahu Gejrot.

  1. Nasi Jamblang

Ini dia menu makanan yang juga wajib kamu coba kalau main ke Kota Cirebon! Konsep prasmanan akan kamu temui kalau mampir ke tempat makan Nasi Jamblang. Kamu pasti bakal bingung dengan pilihan makanan yang serba ingin kamu cicipi. Ada beragam lauk seperti ikan, ayam, cumi hitam, serta lauk lainnya. Kamu bakal menikmati makanan kamu dengan alas daun jati sehingga aroma yang khas akan bikin kamu makin lahap!

  1. Nasi Lengko

Kekhasan Nasi Lengko dengan daun kucai di atasnya, menjadi kuliner yang patut dicoba di Kota Cirebon. Pasalnya, rasanya pasti jauh lebih enak dari Nasi Lengko yang kamu temui di daerah kamu. Di Kota Cirebon, Nasi Lengko menggunakan kecap lokal yang khas sehingga memiliki cita rasa tersendiri. Makan Nasi Lengko akan lebih nikmat dengan sambal kacang serta kerupuk asli Kota Cirebon yang gak akan pernah kamu tolak kenikmatannya.

  1. Sate Kerbau

Ada yang pernah dengar ada Sate Kerbau? Kamu bisa temui makanan satu ini di Kota Cirebon pada malam hari. Karena buka di malam hari, sate ini pun sering dijuluki sebagai Sate Kalong. Untuk padu padan makanannya tetap sama seperti sate lain yaitu sambal kacang dan lontong / nasi.

  1. Docang

Kalau dilihat, Docang memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan Kupat Tahu pada umumnya. Nama "Docang" sendiri adalah sambal khas yang menjadi pembeda cita rasa makanan ini. Siraman kuah panas serta tambahn tempe bungkil atau oncomnya, membuat Docang jauh lebih lezat untuk disantap saat suhu dingin. Bahkan beberapa ada yang menjadikan Docang untuk menghilangkan sedikit flu.

Nah itu dia beragam kuliner yang wajib kamu coba di Kota Cirebon. Kalau kamu mampir ke Kota Cirebon dalam waktu dekat, apa sih yang bakal kamu coba duluan?