Alat musik khas Jawa Barat apa aja sih yang kamu tahu? Pasti kamu sudah tidak asing dengan Gamelan kan? Gamelan itu bukanlah alat musik tapi gabungan antara alat-alat musik tradisional Jawa Barat. Di dalam Gamelan sendiri, mungkin ada banyak dari kamu yang belum tahu namanya masing-masing. Selain Gamelan, masih ada beberapa alat musik tradisional yang harus kamu ketahui lho.

  1. Rebab

Alat musik tradisional yang berbahan dasar tembaga dengan tiga buah senar ini sudah ada sejak abad ke-9 masehi! Cara memainkannya sama seperti bermain biola yaitu dengan digesek. Konon alat musik yang satu ini awalnya karena dibawa oleh para pedagang dari Timur Tengah. Dengan berkembangnya zaman, kini kebanyakan Rebab dibuat dengan berbahan dasar kayu.

  1. Karinding

Pasti dari kalian pernah melihat alat musik yang disimpan dimulut lalu ditepuk-tepuk dengan ujung jari kan? Inilah yang disebut Karinding, salah satu alat musik unik tradisional asal Jawa Barat. Ada perbedaan bahan dasar Karinding bagi laki-laki dan perempuan. Untuk perempuan biasanya memainkan Karinding yang berbahan dasar bambu, sedangkan laki-laki menggunakan Karinding berbahan dasar pohon aren.

  1. Tarawangsa

Sama namun berbeda dengan Rebab, Tarawangsa memiliki kesamaan cara memainkannya seperti Rebab. Namun perbedaannya adalah Tarawangsa hanya memiliki 2 buah senar saja. Namun cara memainkannya tidak menggesek kedua senar. Hanya satu senar saja yang digesek sedangkan senar lainnya dipetik. Biasanya dimainkan bersamaan dengan alat musik kecapi.

  1. Arumba

Yang satu ini pasti sangat sering kalian lihat jika ada pertunjukan musik tradisional Jawa Barat. Alat musik berbahan dasar bambu yang dipukul dengan pukulan khusus ini biasanya dimainkan oleh 2 orang atau lebih karena memang alatnya selalu lebih dari 1. Inilah mengapa Arumba disebut sebagai kesatuan alat-alat musik yang berbahan dasar bambu pilihan seperti awi temen, tali, dan wulung (bambu hitam).

  1. Celempung

Jika kamu beruntung menemukan permainan musik tradisional Jawa Barat dengan Instrumen Gamelan Siteran, pasti kamu akan menemukan Celempung, sebuah alat musik tradisional yang dibuat dari kulit bambu dan ruas batang bambunya lah yang dijadikan penghasil suara. Celempung pun dibagi menjadi 2 buah nada; nada pelog dan nada slendro.

Itulah 5 alat musik tradisional Jawa Barat yang wajib kamu ketahui. Mari terus ketahui lebih dalam alat musik tradisional Jawa Barat dengan mengenalnya satu persatu dan melihat pertunjukan budaya Jawa Barat ya!